TB Care

SUCCESS STORY

tb_careSemenjak 2009, PKPU telah dipercaya sebagai SR (Sub Recipient) PR Aisyiah dalam pelaksanaan program pengendalian Tuberculosis berbasis masyarakat yang didanai oleh Global Fund. Pada pelaksananaan program yang bertajuk Community TB Care tersebut PKPU telah memberi training dan re-training kepada 129 kader di 4 kecamatan di Jakarta Timur, antara lain Kecamatan Duren Sawit, Kecamatan Pulo Gadung, Kecamatan Kramat Jati, dan Kecamatan Makasar.

Selama periode penjaringan suspek sejak Januari 2010 hingga September 2012, kader-kader binaan PKPU telah berhasil menemukan 1209 orang dengan gejala penyakit TB (suspek) dan mengarahkan mereka untuk memeriksakan dahak. Dari seluruh suspek yang diperiksa, ditemukan 266 orang positif menderita penyakit TB. Artinya, PKPU telah berkontribusi dalam upaya penanggulangan TB dengan memutus mata rantai penularan TB memalui upaya penemuan kasus dan penyembuhan 266 pasien TB positif di wilayah Jakarta Timur.

Untuk mendukung keberhasilan upaya pemberantasan penyakit TB, PKPU juga telah memberi pelatihan Pengawas Menelan Obat (PMO) kepada keluarga pasien TB positif yang didampingi oleh para kader terbina. Pelatihan PMO yang diberikan membantu kesuksesan pengobatan pasien TB positif hingga dinyatakan sembuh. Melalui upaya penyembuhan terhadap 266 orang TB positif yang ditemukan maka sumber penularan penyakit TB secara otomatis hilang karena sumber penularan penyakit TB adalah antar manusia.

Selama periode program berjalan, PKPU selalu memeriahkan perayaan Hari TB Sedunia dengan kegiatan-kegiatan yang mampu memberi pencerdasan bagi masyarakat mengenai penyakit TB. Pada tahun 2010, PKPU memeriahkan perayaan Hari TB Sedunia dengan kegiatan penyuluhan massal kepada 2010 keluarga. Kegiatan yang bertajuk “Ketuk 2010 Pintu” tersebut melibatkan lebih dari 100 mahasiswa dan 150 masyarakat dan berhasil tercatat dalam Rekor MURI sebagai kegiatan penyuluhan dengan peserta terbanyak di dunia. Dari kegiatan tersebut, pengetahuan dan awareness masyarakat terhadap penyakit TB meningkat. Terbukti dengan pencapaian suspek TB dan pasien TB positif yang tinggi, yaitu mencapai 123% target program.

Kemudian pada tahun 2011 PKPU memeriahkan perayaan Hari TB Sedunia dengan melaksanakan kegiatan pencanangan “Gerakan Masyarakat Mandiri Berantas TB” serta kegiatan Jalan Sehat yang melibatkan 134 kader dan masyarakat. Dari kegiatan tersebut pun, pada awal tahun 2012 lahirlah suatu komunitas yang terdiri dari kelompok masyarakat yang peduli terhadap TB yang bergerak dalam kegiatan-kegaitan penanggulangan masalah TB di wilayahnya. Kelompok tersebut kemudian menamakan diri mereka sebagai Kelompok Masyarakat Peduli TB atau disingkat KMP-TB.