Sosmep dan Pemicuan Masyarakat Bandar Lampung

IMG-20151203-WA0005 IMG-20151203-WA0006 IMG-20151203-WA0007 IMG-20151203-WA0008 IMG-20151203-WA0009

Bandar Lampung , 21 November 2015 – Dalam rangka persiapan Program Ketahanan pangan, PKPU Lampung mengadakan pelatihan Sosmep dan Pemicuan masyarakat Kelurahan Keteguhan Kecamatan Teluk Betung Timur Bandar Lampung. Pelatihan dilakukan 2 hari dengan materi sosial maping dan pemicuan, serta praktek pemicuan ke kelurahan keteguhan.  Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 20-21 Nobember 2015 mulai pukul 09.00- 17.00 WIB.

Pada hari pertama kegiatan ini secara resmi dibuka oleh pak Sefrizal Permana selaku ketua bidang pendayagunaan PKPU Lampung dan sekaligus memberikan materi  tentang sosial maping dan pemicuan kepada fasilitator . ”Materi yang disampaikan sangat membantu saya selaku fasilitator dalam hal sosial maping dan pemicuan langsung kelapangan”, tutur ema selaku fasilitator.
Menurut pak Sefrizal Permana “ Pemetaan sosial  dilakukan agar dapat menemukan masalah dan solusi yang berasal dari masyarakat itu sendiri. Metode yang digunakan dikegiatan ini yaitu PRA, hal ini karena dalam metode ini masyarakat yang menjadi  subjek, bukan objek lanjutnya”.

Sedangkan pada hari ke 2, dilakukan praktek pelatihan sosmep dan pemicuan masyarakat  yang bertempat di kantor kelurahan Keteguhan Kecamatan Teluk Betung Timur. Dalam kegiatan ini turut dihadirkan pula ibu bidan serta kader.-kader posyandu di kelurahan keteguhan dalam praktek pelatihan sosmep dan pemicuan ke masyarakat.

Para kader posyandu dan ibu bidan yang hadir sangat antusias dalam pemicuan ini. Dalam praktek pemicuan kali ini kelompok dibagi mkenjadi 2 yaitu kelompok pesisir dan kelompok umbul konci. Mereka juga sudah berkomitmen agar memanfaatkan lahan pekarangannya dengan menanam sayur dan apotik hidup. “ setelah melihat potensi yang ada dikelurahan keteguhan saya ingin menanam sayur dipekarangan rumah saya, dan siap menjadi rumah percontohan di kelurahan keteguhan” tutur bu Nurpiah selaku kader posyandu. Kegiatan pemicuan berhasil mengajak 22 warga berkomitmen untuk membuat kebun sayuran di pekarangan rumahnya. (Sari/Fasilitator SAGITA/PKPU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>