Sosialisasi Program Sampah Berkah Sujung

IMG-20151203-WA0000 IMG-20151203-WA0001  IMG-20151203-WA0003 IMG-20151203-WA0004

Program sampah berkah adalah suatu upaya untuk menangani masalah kesehatan lingkungan dengan mengelola sampah organik dan anorganik. Jumat, 20 November 2015 bertempat dirumah KERABAT PKPU RT 05 RW 02 untuk pertama kalinya PKPU mengadakan sosialisasi sampah berkah untuk menjelaskan jenis sampah sampai proses kerja bank sampah.

Sosialisai Program Sampah Berkah akan terus berjalan sampai tanggal 2 desember 2015 dimasing-masing RT di Desa Sujung kecuali hari sabtu dan minggu. Sosialisasi akan dilaksanakan lagi pada hari senin di RT 01 RW 01 yang nantinya akan beruntut sampai di RT 09 RW 03. Dipilih RT 05 RW 02 sebagai wilayah pertama sosialisasi dikarenakan wilayah ini sentra kegiatan Bank Sampah dan Lumbung organik, dan diwilayah ini merupakan masyarakat yang paling sulit untuk disadarkan.

Sosialisasi kali ini dihadiri oleh Ibu Hj.betty Kepala Puskesmas Tirtayasa, Ibu Tini Sanitarian Puskesmas Tirtayasa, Bapak Dadeng Perwakilan Kecamatan Tirtayasa, Bapak Syahrani Perwakilan Kelurahan Sujung, Bapak Maskuri Ketua RT 05 RW 02 dan Masyarakat Lingkungan RT 05 RW 02. Hadirin yang mengikuti sosialisasi sangat antusias dalam menyimak pemaparan dari fasilitator PKPU.

Masyarakat sangat tertarik untuk memilah sampah dan menabung di Bank Sampah Karya Bakti Sujung. Namun ketika harus dipungut biaya untuk pengangkutan sampah sebesar 500/Hari/KK masyarakat mulai acuh dan rusuh tentang adanya pungutan biaya pengangkutan sampah. Tapi hal ini tidak berlangsung lama, setelah Kepala Puskesmas Tirtayasa, Perwakilan Kecamatan Tirtayasa serta Aparatur Desa melakukan negosiasi biaya pengangkutan dengan masyarakat, dan memberikan pengertian serta memotivasi kepada masyarakat untuk mau memulai melakukan perubahan demi kesehatan lingkungan. Akhirnya masyarakat pun sepakat untuk membayar iuran 250/hari/KK dan mau mencoba melakukan perubahan demi kesehatan lingkungan.

“Kita setuju ana ne kegiatan iki walaupun dijaluki bayaran sing penting mah laka sangkrah sing acak-acakan ning latar, bayar semono mah ora sepira dibandingaken latare kebek karo sangkrah” ujar hj. Kamah masyarakat Rt 05 Rw 02 Desa Sujung yang sangat setuju dengan Program Sampah Berkah. (Lina & Nani/Fasilitator Sampah Berkah/PKPU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>