Pelatihan KERABAT Berbagi Air Desa Tenjo

IMG-20151120-WA0011 IMG-20151120-WA0012 IMG-20151120-WA0013

Rabu siang, sebanyak lima orang ibu-ibu dari RT 001 RW 03 Desa Tenjo berkumpul di Mushola Al-Ijtihad Desa Tenjo untuk mendapatkan bekal sebagai KERABAT (18/11). Meskipun siang hari sangat panas saat itu, mereka tidak putus semangat untuk hadir dalam pertemuan perdana tersebut. Sebelumnya, bu Een selaku ketua RT 001 mengundang mereka untuk dijadikan KERABAT PKPU untuk program Berbagi Air kerjasama PKPU dan CMNP disana. Dari lima orang yang hadir, akan dipilih tiga orang sebagai KERABAT unsur ibu-ibu. Sebelumnya, PKPU dan warga sudah membentuk KERABAT dari unsur kaum bapak. KERABAT adalah Kelompok Masyarakat Bina Sehat yang dibentuk oleh masyarakat sebagai penggerak aktif untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dalam hal ini terkait masalah lingkungan dan kesehatan mereka.

Kegiatan diawali dengan pengenalan PKPU dan tupoksi KERABAT. PKPU merupakan lembaga kemanusiaan nasional yang bergerak dalam bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan, kebencanaan, dan yatim. PKPU menjadi fasilitator dalam penyediaan sarana air bersih di desa tersebut. Bersama PKPU, warga membentuk KERABAT yang akan bertanggung jawab dalam peningkatan kualitas lingkungan dan kesehatan disana.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi tentang hemat air. Dalam diskusi tersebut, peserta menggali informasi mengenai tips menghemat air dan konsep 5R konservasi air. Adanya diskusi tersebut membuat pengetahuan peserta tentang menghemat air bertambah. Hal ini dibuktikan dengan adanya pre test dan post test untuk menilai tingkat kepahaman peserta.

Pelaksanaan pelatihan perdana ini sekaligus sebagai pemilihan KERABAT dari lima orang yang hadir. Akhirnya terpilih bu Eni, bu Iis, dan bu Uminah sebagai KERABAT lingkungan unsur ibu-ibu.

“Nanti PKPU dampingi dan ajarkan kita ya sebagai KERABAT disini, biar kita jago gitu.” Harapan bu Uminah kepada tim PKPU disana.
(Lisana/Koor. Berbagi Air/PKPU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>