Sejuta Inspirasi dari Bank Sampah Warnasari 36

IMG-20151118-WA0001 IMG-20151118-WA0002 IMG-20151118-WA0004

Cilegon, 14 November 2015

Bank Sampah Warnasari36 yang juga disebut sebagai ‘Sampah Rupiah’ terletak di Komplek¬†Taman Warnasari RT 03/RW 06 ternyata memiliki keunikan Sejarah tersendiri.
Bank Sampah ini telah didirikan sejak tahun 2012. Dimulai dari Bapak Surata beserta 5 kawannya yg berinisiasi mendirikan bank sampah sebagai solusi masalah sampah yang berserakan di sekitarnya.

Suka dan duka mereka jalani selama 3 tahun ini Mayoritas warga setempat bekerja sebagai karyawan menjadikan kurangnya partisipasi warga terhadap bank sampah Warnasari36 pada awalnya. Dari 160 KK yang berdomisili di sekitar sini, setidaknya hanya 85 warga yang menjadi Nasabah tetap Bank Sampah Warnasari36. Kesadaran warga terhadap kesehatan lingkungan masih perlu ditingkatkan. Hal ini yang menjadi motivasi Bapak Surata dan lima kawannya. “Dari awal hingga sekarang, yang tetap solid hanya kami ber-6, karena ‘seleksi alam’ dan kepentingan individu dari warga setempat.

Alhamdulillah, selama 3 tahun ini, bank sampah Warnasari36 memiliki 2 atau lebih rumah hibah dari warga setempat yang dijadikan sebagai gudang atau tempat pengolahan dan penyimpanan sampah organik dan anorganik. Sampah anorganik dipilah sesuai jenisnya (kertas, besi, dan plastik) lalu dijual ke pengepul setempat. Sedangkan untuk pengolahan sampah anorganik akan diolah di rumah kompos. Satu kilogram kompos seharga 1.000 Rupiah. Tak hanya itu, produksi cair daur ulang sampah organik juga dapat dijadikan pupuk cair. “Ya, iseng-iseng bermanfaat.

Selain itu, banyak dari ibu Nasabah yang bekerja di Posyandu sini, memanfaatkan hasil tabungan sampahnya untuk kegiatan posyandu. Semoga warga saat ini semakin ingin memperbaharui lingkungannya menjadi lingkungan yang lebih nyaman lagi.” paparan dari Bapak Surata. (Ira W/Koor. Sampah Berkah/PKPU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>