Pasien HIV juga Butuh Asupan Rohani

Jakarta, 5 November 2015. Tim TB Care PKPU melakukan kunjungan ke Komisi Penanggulangan AIDS Kota Jakarta Timur. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka silaturahim sekaligus memperkuat jejaring TB HIV di Jakarta Timur.

Walaupun baru pertama kali hadir ke kantor KPAK Jaktim, sekretaris KPAK Jaktim sangat menyambut baik kehadiran PKPU. Beliau sangat antusias untuk memasukkan unsur rohani kedalam program HIV. Beliau teringat kunjungannya ke Thailand yang membuatnya malu sebagai orang islam karena biksu dan pendeta di thailand sangat perhatian pada pasien HIV yang sudah parah. Mereka membimbing pasien HIV dengan asupan rohani sehingga di akhir hidupnya dapat dekat dengan tuhan.

“Pkpu kan lembaga islam, ada baiknya kalau menangani masalah HIV maupun TB dari sisi agama. Apalagi untuk pasien-pasien yang harapan hidupnya tipis”, ujar Pak Ichwan Sekretaria KPAK Jaktim.

KPAK merupakan lembaga turunan dari KPA Propinsi DKI Jakarta sehingga anggarannya dari APBD DKI. Dalam melaksanakan tugasnya menanggulangi TB, KPAK berjejaring dengan LSM HIV di Jakarta Timur. LSM tersebutlah yang banyak turun langsung ke populasi kunci dan penderita HIV.

Sebagai lembaga yang netral, KPAK tidak dapat mmasukkan unsur agama islam kedalam kegiatannya sehingga sangat berharap PKPU dapat menyentuh ranah tersebut.

“Kalau tidak ada yang menangani hal itu bisa dipegang sm lembaga lain yang berkeyakinan beda sepeti Wahana Visi”, lanjut Pak Ichwan

“Sudah banyak LSM yang menangani masalah kesehatan untuk ODHA, tapi belum ada yang mengurus sisi paliatif dari pasien”, timpal Bu Rita Kasie Monev KPAK Jaktim.

Banyaknya aktivitas yang dilakukan untuk menangani masalah TB dn HIV butuh banyak bantuan sehingga memperluas jaringan merupakan kewajiban. Kedepannya PKPU akan lebih dilibatkan dan diundang dalam jejaring TB-HIV di Jakarta Timur. (Rizka/TB Care/PKPU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>