Kampung Nelayan Kedatangan Dokter

 Kampung Mandalajaya merupakan salah satu pemukiman pesisir dan pelosok yang berada di Kabupaten Bekasi. Lokasi kampung ini dekat dengan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Muara Tawar Bekasi. Lokasi yang berdekatan dengan PLTGU ini tidak menjadikan masyarakatnya sejahtera akan bantuan dari PLTGU akan tetapi masih banyak masyarakat kampung Mandalajay yang sulit dalam perekonomian. Warga kampung Mandalajaya banyak yang bekerja sebagai nelayan dan juga sebagai produsen terasi dengan pendapatan perbulan 1.000.000-1.500.000. Minimnya pendapatan ini sangat berpengaruh terhadap gaya hidup, sehingga banyak masyarakat kampung Mandalajaya yang tidak berperilaku hidup bersih dan sehat. Ini merupakan salah satu alasan SHARP dan PKPU memilih kampung Mandalajaya sebagai lokasi pengobatan gratis.

Program Kesehatan Masyarkat Keliling (Prosmiling) dimulai jam 10.00 dikarenakan perlengkapan dari tim PKPU yang belum siap sehingga acara ini berjalan mundur dari susunan acara yang telah dibuat. Kegiatan ini dibagi menjadi dua tempat, untuk balita dan anak-anak diadakan didepan rumah warga yang biasa digunakan sebagai Posyandu RW 32, sedangkan untuk layanan kesehatan lainnya berlokasi di lapangan atau fasilitas umum yang biasa digunakan untuk acara masyarakat. Layanan kesehatan untuk anak pertama yang kami lakukan adalah kampanye cuci tangan pakai sabun. Perilaku mencuci tangan adalah masalah sepele. Begitu sepelenya hingga banyak orang mengabaikannya. Padahal perilaku mencuci tangan mampu mencegah berbagai jenis penyakit. Kampanye ini merupakan kampanye dalam rangka menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia. Sebelum praktek cuci tangan dilakukan kami menjelaskan manfaat dari pentingnya cuci tangan pakai sabun kepada anak-anak SD yang menjadi peserta CTPS.

Prosmiling Sharp IMG-20141019-WA0029

Setelah praktik cuci tangan pakai sabun selesi dilaksanakan, layanan dilanjutkan dengan layanan untuk para balita yang terdiri dari pemeriksaan status gizi balita dan pemberian makanan tambahan. Balita yang sudah mendapatkan kupon layanan balita dapat menimbang di pos layanan gizi balita ini setelah itu para ahli gizi akan cek berat badan balita dibagi dengan umur balita dan disesuaikan dengan grafik pertumbuhan balita, jika balita yang kedapatan bergizi kurang dan buruk maka ahli gizi akan mengedukasi ibu balitanya kemudian dilanjut dengan pemberian makan tambahan yang berisikan susu uht, biskuit susu dan juga buah. Dari 80 balita yang diperiksa ada 18 balita yang bergizi kurang, 1 balita bergizi buruk dan 61 balita bergizi normal.

Prosmiling yang dilaksanakan oleh PKPU yang bekerja sama dengan SHARP ini juga memberikan pelayanan medical check up, dimana para pasien lansia dapat mengecek kadar gula darah, asam urat dan juga kadar kolesterol mereka. Tidak banyak lansia yang memeriksakan dirinya hanya 50 pasien saja. Dilanjutkan dengan pengobatan oleh dokter umum. Didapatkan 5 sebaran penyakit terbanyak di kampung Mandalajaya yaitu; Penyakit ISPA (39 pasien) dan penyakit otot, sendi dan jaringan pengikat (32 pasien) paling banyak dikeluhkan di pengobatan ini. Penyakit lainnya yang tercatat ada Hipertensi dengan 16 pasein, penyakit kulit 19 pasien, penyakit syaraf 16 pasien. Total pasien yang berobat berjumlah 167 pasien. (Pradita/Koor. Prosmiling/PKPU)

Layanan Gizi Balita Layanan Obat Pemeriksaan Darah Pengobatan Umum Penyuluhan PHBS PMT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>