Tidak hanya Memberikan Keterampilan, Peran Fasilitator pun Memberi Pengertian 

20151118_171925_resized 20151118_173256_resized 20151118_173607_resized

Saat sore setelah menyirami kebun, KTP (Kelompok Tani Pelajar) Kampung Nutrisi melanjutkan kegiatannya yaitu meningkatkan keterampilan. Kali ini KTP belajar membut bros dari kain perca, yang diajarkan langsung oleh fasilitator kampung nutrisi.  Bertempat di rumah ketua Rt.1 Desa Tenjo Bogor Barat, Rabu (18/11/2015).


Hanya dengan alat – alat sederhana seperti kain perca, gunting, benang dan jarum jahit, cukup meningkatan keterampilan KTP. Alat yang mudah di dapat, menjadikan KTP berkreatifitas lebih untuk menerapkannya di rumah. 

Karna kegiatan ini berlangsung di teras rumah, banyak ibu – ibu yang ikut melihat kegiatan KTP. Termasuk Ibu dari Nuriyah, salah satu anggota KTP. Ibu dari Nuriyah ini terlihat senang melihat anaknya bisa membuat bros, si Ibu pun langsung meminta anaknya membuatkan satu untuknya. 

Nuriyah termasuk anak yang aktif di sekolah, menjadi anggota paskibra membuat Nuriyah terkadang harus pulang lebih sore untuk sampai ke rumah. Saat itu Ibu nya selalu mengomel jika Nuriyah pulang terlalu senja. Sempat suatu saat Ibu nya menyuruh Nuriyah melarangnya untuk ikut kegiatan ekstra kulikuler di Sekolahnya. Disinilah peran fasilitator, selain memberi keterampilan untuk KTP, memberikan pengertian terhadap ibu – ibu dari anggota KTP mengenai kegiatan positif anak – anaknya harus dilakukan. Selagi anak – anak masih ada kemauan, biarkan mereka untuk aktif di kegiatan – kegiatan positif. Dengan begitu dapat membuat anak – anak lebih berani dan percaya diri. (Yusnita/Fasilitator Kp. Nutrisi Tenjo/PKPU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>